Terbukti: Tips Mudah Mendapatkan Nilai Angka Kredit Untuk Naik Pangkat.
Banyak cara agar seorang PNS khususnya guru untuk naik pangkat. Walaupun saat ini persyaratan seorang guru untuk naik pangkat semakin sulit saja. Diantara persyaratan seorang guru untuk naik pangkat adalah unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Pada unsur PKB ini ada target angka kredit yang harus dipenuhi untuk kenaikan pangkat seorang guru. Sebagai contoh seorang guru dengan pangkat golongan 3B ingin naik pangkat ke golongan pangkat 3C, maka target nilai PKB yang harus diperolehnya dalam rentang penilaian dari 3B ke 3C adalah 4 angka kredit untuk Pengembangan Diri (PD), dan 4 angka kredit untuk Karya Inovatif (KI) atau Publikasi Ilmiah (PI).

Kebanyakan guru kesusahan untuk mendapatkan nilai unsur PKB bidang karya inovatif dan publikasi ilmiah. Hal tersebut dikarenakan persyaratan-persyaratan untuk membuat sebuah karya inovatif cukup sulit dan memerlukan waktu yang tidak singkat, disamping itu prosedur pembuatannya pun cukup susah dan memerlukan keahlian tertentu.
Demikian juga dengan publikasi ilmiah. seorang guru yang mempunyai karya tulis kemudian ingin mempublikasikannya untuk mendapatkan angka kredit terlebih dahulu harus melakukan publikasi seperti, seminar, workshop, menulis jurnal, membuat buku, membuat modul, dll. Itupun terlebih dahulu harus melalui beberepa review yang ketat oleh tim penilai.

Tapi tenang saja, semua jalan pasti ada jalannya. Berikut beberapa tips dari saya untuk mendapatkan nilai PKB dengan mudah.
Untuk mendapatkan nilai Pengembangan Diri (PD)
1.  Mengikuti workshop atau pelatihan-pelatihan.
Jika Anda mengikuti pelatihan atau workshop, jangan sampai Anda tidak membuat surat tugas dari sekolah Anda berasal. Kemudian jangan lupa membuat laporan kegiatan workshop yang Anda ikuti. Dan yang terakhir, pastika Anda mendapatkan sertifikat dari kegiatan workshop yang Anda ikuti tersebut.
2.  Mengikuti kegiatan kolektif guru atau lokakarya
Jika Anda mengikuti kegiatan seperti Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), koloqium, seminar, pemateri dll. Pastikan setiap kegiatan yang Anda ikuti tersebut, Anda membuat surat tugasnya serta buat laporan kegiatan yang Anda ikuti tersebut.
Untuk mendapatkan nilai angka kredit 4, Anda hanya memerlukan 4 kali mengikuti kegiatan workshop atau pelatihan dengan waktu 30 JP perkegiatan dengan melampirkan surat tugas, laporan kegiatan, dan sertifikat workshop itu sendiri. Atau Anda juga bisa mengikuti 2 kali workshop dengan waktu lebih dari 80 Jam Pelajaran (JP)

Axact

Sam Agustiadi

Jika merasa puas atau ada keluhan silahkan tulis dengan bijak di kolom komentar

Post A Comment:

0 comments: